Agustus 18, 2014

Proyek Sistem Informasi

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI
DISTRIBUSI OBAT HERBAL PADA
CV. MAJU JAYA SELALU

ABSTRAK

         Sistem Informasi Distribusi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menangani data-data tentang pendistribusian barang. Proses distribusi dimulai dari pengadaan barang, pengiriman barang kepada customer hingga proses retur jika terdapat ketidaksesuaian barang yang dikirim.
           CV. MJS ditugaskan khusus untuk mendistribusi barang untuk wilayah Indonesia bagian timur. Dalam pengelolaan data CV. MJS masih menggunakan pembukuan. Diperlukan suatu sistem baru yang terkomputerisasi dan dapat di back-up sewaktu-waktu jika dibutuhkan.
        Aplikasi distribusi obat herbal pada CV. MJS dapat menunjang produktivitas dan mempermudah dalam proses pendistribusian obat herbal yang mampu memberikan kemudahan bagi pengguna. Aplikasi ini menangani proses penjualan barang,  pemesanan barang, pembayaran, serta retur.

Kata kunci : Distribusi, Pendistribusian, Sistem Informasi Distribusi, Aplikasi Distribusi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

          Pada tahun 2014 perkembangan IT di dunia semakin pesat dan dapat dilihat dari banyaknya pekerjaan manusia yang kini dapat digantikan oleh teknologi komputer. Di Indonesia, IT sudah dapat dikatakan telah mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan IT terkini mencakup perusahaan-perusahaan besar begitu juga dengan perusahaan baru berkembang. Salah satu perkembangan IT di Indonesia yang dapat dilihat adalah pada aplikasi sistem pendistribusian. Di pabrik-pabrik manufaktur telah menggunakan aplikasi tersebut untuk mempermudah pekerjaan.
       CV. Maju Jaya Selalu (MJS) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pendistribusian obat-obatan herbal seperti jintan hitam, sari kurma, minyak zaitun serta obat-obat herbal lain untuk segala macam penyakit. CV. MJS ditugaskan khusus untuk mendistribusi barang untuk wilayah Indonesia bagian timur. Dalam pengelolaan data CV. MJS masih menggunakan pembukuan. Sistem tersebut masih kurang baik karena semua data yang ditulis dan disimpan dalam buku dapat tejadi kehilangan data serta pembuatan laporan yang susah, sehingga diperlukan suatu sistem baru yang terkomputerisasi dan dapat di back-up sewaktu-waktu jika dibutuhkan.
              Berdasarkan uraian diatas akan dirancang suatu aplikasi pendistribusian obat herbal pada CV. MJS dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk merencanakan jadwal distribusi serta menentukan banyaknya dan waktu pemesanan barang sehingga operasional kerja lebih maksimal. Aplikasi ini mempermudah pengguna dalam pembuatan laporan sebagai bahan evaluasi pimpinan untuk mengambil suatu keputusan.
          Aplikasi distribusi obat herbal pada CV. MJS diharapkan dapat menunjang produktivitas dan mempermudah dalam proses pendistribusian obat herbal yang mampu memberikan kemudahan bagi pengguna. Aplikasi ini menangani proses penjualan barang,  pemesanan barang, pembayaran, serta retur.


1.2 Rumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan bagaimana merancang sistem informasi distribusi pada CV. Maju Jaya Selalu serta laporan yang valid?


1.3 Batasan Masalah

               Batasan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 
a. Transaksi yang ada di dalam sistem informasi pendistribusian ini meliputi transaksi penjualan, 
        pembayaran, pemesanan, dan retur pemesanan.
b. Informasi keluaran berupa laporan penjualan, laporan pembayaran, laporan pemesanan.
c. Penentuan harga jual menggunakan cara per pelanggan, yang artinya pelanggan memperoleh harga                 yang berbeda, tergantung jenis pelanggan apakah distributor atau retailer.


1.4 Tujuan

           Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah menghasilkan sistem informasi pendistribusian yang membantu CV. Maju Jaya Selalu dalam melakukan aktivitas distribusi dan membuat laporan sebagai pendukung keputusan dalam pemesanan barang.


1.5 Manfaat

                  Manfaat yang dapat diperoleh dari sistem informasi pendistribusian ini adalah:
a. Mempermudah bagian penjualan dalam melakukan penjualan dan pemesanan.
b. Mempermudah bagian administrasi dalam proses perhitungan keuangan perusahaan.
c. Mempermudah dalam pembuatan laporan untu pemilik sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan.


1.6 Sistematika Penulisan

         Dalam penulisan laporan Proyek Sistem Informasi ini akan dijelaskan juga sistematika penyusunan sesuai prosedur yang ada. Tujuannya adalah diperoleh gambaran tentang isi dari laporan ini.
          Bab pertama pendahuluan membahas tentang latar belakang penulis dalam mengangkat judul ”Rancang Bangun Sistem Informasi Distribusi Obat Herbal pada CV Maju Jaya Selalu Surabaya”.
            Bab kedua hasil survey membahas tentang gambaran umum CV Maju Jaya Selalu dan lingkup kerjanya beserta struktur organisasi yang bersangkutan.
              Bab ketiga landasan teori membahas tentang landasan teori yang digunakan oleh penulis dalam perancangan sistem informasi distribusi. Landasan teori yang digunakan adalah: Sistem, Sistem Informasi, Distribusi, Perancangan, Teknik wawancara yang baik.
           Bab keempat analisis dan desain sistem membahas tentang spesifikasi prosedur dalam menyelesaikan Rancang Bangun Sistem Informasi Distribusi Obat Herbal pada CV Maju Jaya Selalu meliputi analisis Document Flow, Data Flow Diagram, Context Diagram, Entity Relationship Diagram beserta Struktur file dan desain input/output program.
           Bab kelima implementasi dan pembahasan membahas tentang spesifikasi hardware dan software yang dipakai serta membahas prosedur penggunaan aplikasi distribusi ini.
              Bab keenam penutup membahas tentang kesimpulan dan saran yang dapat digunakan sebagai bahan perbaikan dan pengembangan dari kegiatan perancangan dan pembuatan aplikasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar